Manfaat saffron untuk kesehatan kulit 

Manfaat saffron untuk kesehatan kulit 
August 23, 2022 0 Comments

Tentang Saffron

Saffron masuk daftar rempah paling mahal di dunia karena sulit untuk diperoleh dan jumlahnya yang sedikit. Tanaman yang berasal dari Yunani ini sekarang sudah menyebar dan dapat tumbuh di beberapa negara seperti Iran, Cina, dan Spanyol. Saffron ini digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sakit punggung, abses, maupun luka.

Semakin berjalannya waktu, saffron tidak hanya digunakan sebagai rempah dan bumbu merah saja namun juga sebagai bahan dalam industri kosmetik. Alasannya menjadi bahan pembuatan kosmetik karena diklaim mampu meredakan berbagai masalah kulit seperti peradangan. Rempah yang memiliki aroma kuat dan warna yang khas ini kaya akan antioksidan dimana berdasarkan bukti dapat melawan stress oksidatif.

Manfaat saffron untuk kulit yang telah terbukti

1. Menyembuhkan luka dan melawan peradangan

Menyembuhkan luka merupakan kunci kulit yang sehat dan dapat menurunkan risiko komplikasi seperti infeksi kulit dan jaringan parut. Sifat antioksidan dan anti inflamasi pada saffron inilah yang mampu merangsang penyembuhan luka dengan cepat sebab sel-sel dapat tumbuh kembali. Apabila sel-sel kulit mulai  tumbuh, luka akan segera menutup.

Peradangan pada kulit disebabkan oleh stress oksidatif, namun tenang ini dapat dilawan dengan senyawa antioksidan yang terdapat pada saffron yaitu crocin. Senyawa ini mampu menekan melindungi kulit dari radikal bebas dan juga menekan berbagai ekspresi dari protein inflamasi

2. Melindungi radiasi UV

Salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit adalah melindungi dari paparan radiasi ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Akibat adanya radiasi UV membuat produksi radikal bebas meningkat yang membuat sel-sel kulit rusak sehingga mempercepat penuaan dini.

Saffron di dalamnya mengandung senyawa aktif yang disebut crocin. Senyawa inilah yang berdasarkan uji laboratorium memiliki sifat antioksidan kuat dimana dapat menetralkan radikal bebas sehingga stress oksidatif dapat berkurang. Crocin juga dianggap mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet A sehingga penuaan dini dapat dihindari. Tidak hanya sinar UV A saja, crocin juga mampu melawan sinar UV B.

3. Mengurangi hiperpigmentasi

Kondisi hiperpigmentasi adalah saat bagian kulit menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya. Hal yang menyebabkan hiperpigmentasi adalah adanya kelebihan pigmen atau melanin. Selain itu, hiperpigmentasi dapat berkembang karena jaringan parut, perubahan hormone, atau paparan sinar matahari.

Manfaat saffron untuk mengurangi hiperpigmentasi telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada tahun 2013. Hasilnya, terdapat senyawa aktif saffron yaitu crocin yang mampu menurunkan melanin dengan menekan tyrosinase yang merupakan enzim penting yang memproduksi melanin.

Manfaat saffron untuk kesehatan kulit yang ternyata salah dan belum terbukti

1. Tidak menghidrasi kulit

Banyak klaim yang mengatakan bahwa saffron dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Namun, klaim ini dibantah karena menurut hasil penelitian ternyata tidak ada bukti bahwa orang yang menggunakan lotion savon akan mendapatkan kulit yang lembab.

2. Tidak bisa melawan jerawat

Sebenarnya secara teori, apabila terdapat kandungan anti inflamasi otomatis dapat mengobati jerawat namun tidak dengan saffron.Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa saffron dapat mengatasi jerawat. Hanya saja berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hasil bahwa saffron memiliki sifat antibakteri namun bukan bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat saffron yang sudah terbukti dan belum terbukti.