Macam-macam nyeri dada dan perbedaanya

Macam-macam nyeri dada dan perbedaanya
August 16, 2022 0 Comments

Tentang nyeri

 

Nyeri dada menjadi salah satu jenis penyakit yang mengkhawatirkan siapapun. Ada beberapa macam nyeri dada yang sering kali dianggap sama namun sebenarnya berbeda. Macam-macam nyeri dada mulai dari serangan jantung, angina, dan sakit maag.  Ketiganya memang sama sama menimbulkan rasa sakit di dada namun ada beberapa hal yang membedakannya.

Sebenarnya mengetahui perbedaannya, mari kita bahas deskripsi dari ketiga jenis nyeri dada tersebut.

Deskripsi serangan jantung

Serangan jantung masuk ke dalam jenis penyakit yang menyebabkan nyeri dada. Ini merupakan suatu kejadiaan yang disebabkan karena adanya penyakit pada arteri koroner dimana pembuluh inilah yang memasok darah ke jantung sehingga manusia tetap hidup dengan oksigen dan juga energi.

Adanya penyakit arteri koroner membuat suplai darah ke bagian otot jantung menghilang oleh karenanya terjadilah serangan jantung. Ketika orang mengalaminya, jantung akan berhenti, tidak memiliki respon, dan tidak memiliki denyut nadi.

Serangan jantung kadang terjadi secara tiba-tiba namun sebenarnya ada gejala yang terjadi diantaranya adalah nyeri dada dimana dada merasa ditekan, sesak, berat, sakit, dan seperti ada suatu beban yang menghantam dada. Rasa sakit di bagian dada akan berlangsung selama lebih dari beberapa menit. Gejala setiap orang berbeda-beda bisa ringan atau berat dan bahkan ada beberapa yang tidak mengalami gejala sama sekali. 

Gejala lain dari serangan jantung antara lain sesak napas, sakit di bagian dada, merasa mual dan muntah, merasa sangat lelah atau kurang energi, pusing, dan muncul keringat dingin, 

Deskripsi angina 

Angina hampir sama dengan serangan jantung namun penyebabnya bukan arteri koroner yang tersumbat melainkan karena adanya penyempitan pembuluh darah. Penderita angina memiliki risiko lebih besar mengalami serangan jantung  sehingga harus hidup beriringan dengan perawatan medis agar risiko serangan jantung dapat dihindari.

Ada dua jenis angina yaitu angina stabil dan tidak stabil. Angina stabil didefinisikan sebagai rasa nyeri di dada yang bersifat sementara dimana  rasa sakitnya akan hilang setelah istirahat atau minum obat. Sementara itu, angina tidak stabil rasa nyerinya terus menerus dan tidak hilang walau sudah istirahat dan minum obat dan inilah yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Deskripsi maag 

Maag merupakan penyakit yang biasanya disebabkan karena telat makan. Maag menimbulkan rasa sakit seperti sensasi terbakar. Sensasi ini disebabkan oleh refluks asam yang merupakan isi lambung yang kembali terciprat masuk ke pipa makanan.

Perut menghasilkan suatu lendir yang berfungsi untuk melindungi lapisannya dari asam yang berguna untuk membantu sistem pencernaan. Ini yang disebut refluks asam yang bisa saja terciprat keluar merusak pipa makanan yang tidak memiliki pelindung akibatnya dapat merusak lapisan pipa makanan. Oleh karena itu, tanda penyakit maag mulai muncul seperti rasa sakit di atas perut atau bisa dibilang di dada, mual, kembung, dan sendawa

Lantas apa bedanya antara maag dan serangan jantung?

Sebenarnya antara penyakit maag dan serangan jantung hampir serupa dan agak sulit dibedakan. Namun, menurut beberapa dokter ada perbedaan utama yang dilihat dari gejala antara keduanya. Perbedan tersebut diantaranya:

  • Maag akan cenderung memburuk setelah makan dan saat berbaring sedangkan serangan jantung hanya akan memburuk setelah makan.

  • Maag dapat diredakan dengan obat-obatan yang mampu menurunkan kadar asam lambung, sedangkan serangan jantung tidak. 

  • Sakit maag tidak menimbulkan gejala seperti sesak napas, tetapi ini bisa terjadi pada serangan jantung

  • Maag menyebabkan kembung atau sendawa, sedangkan serangan jantung tidak menyebabkan ini.